Kamis, 15 Februari 2018

Mengapa Sejenak Flashback Ke Masa Lalu Itu Penting?




2018 masih begitu baru, tahun baru dan mimpi-mimpi yang dulu pernah direncanakan pada tahun-tahun sebelmnya akan nyata. Mimpi baru yang nyata.
Waktu itu bermain tanpa menyadarkan kita terlebih dulu tentang banyak hal yang akan berubah dengan waktu, kadang kita sering lupa dengan waktu yang kita gunakan untuk apa? Sudah benarkah kita memanfaatkan waktu di waktu detik-detik yang sudah kita lewati, ataukah kita sama sekali tidak peduli dan membiarkan waktu itu berjalan dengan apa adanya, apa adanya tanpa perencanaan, atau tanpa kita isi dengan hal yang bermanfaat. Padahal Allah telah bersumpah dalam Alquran dalam surat Al-Ashri “ Demi masa, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling mensihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran” (Al-'Asr ayat 1-3).
Kita sebelum datangnya tahun baru ini pasti pernah mempunyai mimpi yang akan kita wujudkan di tahun ini, mimpi yang dulu begitu menggebu-gebu ingin kita wujudkan, tapi sekarang kita sudah lupa dan pudar dengan mimpi itu. flashback sesaat trnyata perlu, melihat masa lalu kita, merasakan apa yang terjadi dulu kepada kita, apa yang membuat kita terjatuh, tertahan dan sakit. Lalu apa yang membuat kita ingin berjuang sehingga kita meraih mimpi tersebut, merubah rasa sakit itu menjadi sebuah harapan bahagia, sehingga sakit itu tidak pernah akan terulang di masa sekarang.
Flashback kemasa lalu juga bisa membuat kita membandingkan, sejauh mana kita sudah berjuang dengan impian dan harapan kita, sejauh mana kita sudah mengubah rasa sakit dulu menjadi sesuatu yang indah, edekat apa impian kita dengan dengan hidup kita. Dan tentu semua tidak bisa akan kita ingat dengan mudah tanpa sebuah catatan kecil yang kecil tapi sebenarnya begitu bermakna, membawa ingatan kita kepada masalalu.
Ya, masa lalu, flasback tidak berarti kita harus larut dengan masa lalu itu,atau kita ingin mengulang sesuatu yang indah dan telah jauh kkeindhannya di masa sekarang, lalu kita terjatuh lagi dengan kenangan yang menyakitkan itu. tidak, buka begitu, flashback adalah membuat kita merasakan kenangan masa lalu, tanpa kita harus terlarut di dalamnya. buku catatan harian itu adalah saksi sejarah kita, flashback ke masa lalu adalah kembali mengingatkan kita tentang mimpi yang sebenarnya yang ingin kita raih, bukan terjatuh kembali dalam kenangan itu.
Melihat masa lalu perlu untuk masa depan, hidup akan berjalan dan mimpi kita akan segera nyata, optimis  dan berusalah dengan doa yang menjadikan takdir lebih indah, teruslah berhusnudhan kepada Allah dan jangan pernah menyerah, luruskan niat, karena Allah selalu bersama kita yang tidak pernah berputus asa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Bersama Hujan di Awal Muharram 1440

Hujan sepanjang malam tadi sudah mulai berhenti, malam pekat sebentar lagi akan berganti dengan cahaya fajar. Sayup suara Azan mulai terdeng...